Friday, February 28, 2014

[Solved] - Mengatasi Unreadable Drive/Partition

Salam,

Wiii rasanya lama kali ga berurusan dengan 'masalah'. Waktu temen ng-WA ada masalah sama hardisk eksternalnya, otomatis lah langsung kuterima tantangan itu. Jadi ceritanya si teman itu, sebut saja namanya Bunga *bukan nama sebenarnya punya hardisk 500 GB dengan 4 partisi yang masing-masing partisi diberi nama Autumn, Summer, Spring, Winter. Nah, curhat kalau partisi Autumn tidak bisa dibuka. Waktu pertama dicolokin ke komputer minta format. Trus nama partisinya juga ilang jadi bukan Autumn lagi tapi Local Disk. Kalau di klik tu partisi muncul notifikasi
Notifikasi dari Windows, partisi tidak bisa diakses
Sebagai teman yang baik hati yang rajin menabung dan lagi tidak sombong, aku minta bunga antarkan hardisknya ke kantorku biar aku cek nanti kalau di kost. Bunga setuju, dan sorenya dengan menggeber beat putihnya dia meluncur ke kantorku sepulang kuliah S2nya yang super padat dan tampaknya telah merubah ritme hidupnya demi menyelamatkan data-data 'penting' di dalam partisi Autumn.

Setelah hardisk sudah di tangan segera kumasukkan ke dalam tasku *penting bagnet kalimat ini -_-. Niatnya malam itu aku lihat hardisknya, tapi apa daya malam itu tv lebih menggoda dan godaan kantuk menggila yang pada akhirnya mengakibatkan sama sekali tidak tersentuhnya hd bunga. Hingga keesokan paginya sampai di kantor baru aku 'sempat' membuka.
Pertama-tama ku coba buka hardisnya dari Raring Ringtailku, dan muncul notifikasi error mount
Error Mount 
Baiklah... sesuai saran pada notif tersebut, aku pun reboot ke 'jendela' kemudian melakukan beberapa langkah berikut :

  1. Klik menu Start --> Run --> ketikkan cmd kemudian tekan Enter
  2. Kemudian muncul tampilan Command Prompt
  3. Cek di windows eksplorer, drive apa yang korup. Misalnya yang korup itu adalah partisi drive H
  4. ketikkan chkdsk /f h: kemudian tekan Enter pada Command Prompt 
  5. Tunggu hingga proses selesai
Kemudian taraaaaaaaaaaaaa......... Autumn sudah kembali.
check disk selesai dilakukan dan tampak total disk space dan berbagai informasi dari partisi
Alhamdulillah.... trus iseng deh aku bukain itu isi partisi, ngecek barang kali ada yang ilang. Oh iya, sebelumnya dia emang sudah bilang kalau isinya banyak koreanan gitu, ga terlalu penting memang tapi sayang juga kalau sampai ilang. So itu artinya memang data di Autumn memang tidak terlalu penting dan aku boleh membukanya. Daaaan setelah kubuka, jeng jeng jeng...... beneran KOREANAN tok! full! Kupikir yang tidak akan segila itu juga jumlahnya vidionya. Space ratusan giga itu full korenan. Waow.

Yasudah. Aku cuma bisa bilang 'Segera bertobatlah Nak....'

Semoga bermanfaat ^-^


2 comments: