Thursday, August 13, 2015

Dari Halal Haram Hingga Nivea

Jujur saja sebelum ke Jepang aku tidak terlalu memperhatikan detail komposisi suatu produk baik makanan, kosmetik bahkan sabun mandi, dll. Mungkin karena tinggal di negara yang mayoritas penduduknya adalah Muslim (meskipun bukan di negera Islam), sudah merasa aman sehingga tak perlu nge-check detail komposisi. Padahal kalau dipikir-pikir ya, produk-produk kecantikan dan makanan-makanan instan itu tidak semua diproduksi oleh muslim yang sangat paham kaidah halal haram. Halal haram ini kaitannya tidak hanya pada bahan-bahan yang digunakan langsung tetapi proses dan material yang digunakan pun mempengaruhi status halal/haram produk tersebut. Terkait halal-haram ini aku pernah posting juga di sini.

Untuk produk roti-rotian misalnya, selain bahan-bahan yang jelas haram seperti rum, gliserin (perlu dicek dulu terbuat dari apa, tak jarang gliserin berasal dari lemak babi), shortening, dll, kuas yang digunakan untuk mengoles permukaan roti juga harus dicek. Kuas yang dipakai bisa sintesis bisa dari rambut hewan. Tim sertifikasi Halal MUI biasanya akan mengecek sampai detail-detail itu (mungkin karena banyak item yang harus dicek, sertifikasi MUI jadi mahal kali ya).

Itu baru contoh roti-rotian, hal yang sama juga perlu dicek pada produk lain termasuk produk kosmetik dan perawatan kulit. Awal-awal di Jepang perasaan 'aman' tadi seketika berubah jadi 'waspada'. Mulailah belajar mengecek setiap detail komposisi. Beberapa list produk yang sudah dicek saudara-saudara muslim kita di jepang bisa dilihat di facebokk Serijaya Indonesia.


Aku sampai ke Jepang awal musim semi dengan suhu masih sekitar belasan digit derajat celcius. Bahkan pernah sampai satu digit (7 derajat celcius). Perbedaan suhu itu langsung saja membuat kulitku berekasi. Kekeringan di mana-mana. Mau tak mau aku harus beli lotion untuk menyelamatkan kulitku yang mulai mengelupas saking keringnya.

Diantar oleh teman ke sebuah pusat perbelanjaan, pilihanku jatuh pada nivea soft moisturizing creme dengan modal bismillahirrahmanirrahim karena waktu itu aku tak tahu bahan-bahan apa pada kosmetik yang masuk kategori haram sedangkan aku sudah sangat membutuhkan.

Setelah mulai masuk musim panas, kulitku sudah mulai kembali normal dan rasa malas ber-lotion ria kembali muncul. Pada suatu pagi, aku iseng mencoba mengecek komposisi dari soft moisturizing creme.

Secara umum, menurut http://www.muslimconsumergroup.com/personal_care_products.html?panna=2 produk-produk nivea itu boleh dengan beberapa catatan. Tapi aku coba list satu persatu berdasarkan komposisinya. Berikut ini daftar bahan-bahan yang tertulis di kemasannya.

1. Mizu (air)
2. Gliserin (harus dicek dulu)

3. Myristyl alcohol

4. Mineral alkohol
5. BG
6. Degenerated/denatured alcohol --> serbuk alkohol
7. Stearic acid / asam stearat (harus dicek dulu) --> haram jika berasal dari lemak babi. Tapi kalau menurutku (tentu saja dengan kapasitas ilmu yang masih seadanya), untuk kehati-hatian, kalau produknya belum ada sertifikasi halalnya, perlu dicek ke produsenya (bisa tanya via email atau telepon) asam stearat ini berasal dari mana.
8. Vaselin --> biasanya dari bee wax. bee wax menurut muslim consumer di sini boleh
9. Myristic acid myristil
10.  Myristic acid glyceryl
11. Hydrogenated coco-glycerides
12. Jojoba oil
13. Tocoperol acetate / 酢酸トコフェロール
14. Dimethicone / ジメチコン
15. Polyglyceryl capric acid -2 / カプリン酸ポリグリセリル-2
16. Carbomer / カルボマー
17. Lanolin alcohol --> dari wool domba. berdasarkan sumber di list ini boleh
18. Hydroxide Na / 水酸化Na
19. Fino carboxymethyl ethanol / フィノキシエタノール
20. Perfume / 香料

dari daftar di atas, aku tidak berani menyimpulkan apakah produk itu benar-benar halal atau tidak karena lagi-lagi keterbatasan pengetahuan. Di daftar tersebut ada asam stearat yang mungkin perlu dicek dulu. Belum tentu haram, tapi belum juga halal juga. So, menurutku masih meragukan. Namun kalau teman-teman yakin ya bismillah saja. Alloh Maha Tahu. Memang sebaiknya mengusahakan mencari yang 'lebih aman' jika memungkinkan misal, pilih produk-produk yang vegan saja atau cek perusahaan-perusahaan yang tergabung dengan PETA (People for Ethical Treatment of Animals).

Sekali-lagi, kita hanya berhati-hati dan berusaha semampu kita untuk menjaga diri dari hal-hal yang haram masuk ke tubuh kita. Tapi pada akhirnya hanya Alloh yang tahu pasti mana yang halal dan mana yang Haram. Semoga kita selalu mendapat petunjuk dan perlindungannya. Aamiin..


حُرِّمَتۡ عَلَيۡكُمُ ٱلۡمَيۡتَةُ وَٱلدَّمُ وَلَحۡمُ ٱلۡخِنزِيرِ وَمَآ أُهِلَّ لِغَيۡرِ ٱللَّهِ بِهِۦ وَٱلۡمُنۡخَنِقَةُ وَٱلۡمَوۡقُوذَةُ وَٱلۡمُتَرَدِّيَةُ وَٱلنَّطِيحَةُ وَمَآ أَكَلَ ٱلسَّبُعُ إِلَّا مَا ذَكَّيۡتُمۡ وَمَا ذُبِحَ عَلَى ٱلنُّصُبِ وَأَن تَسۡتَقۡسِمُواْ بِٱلۡأَزۡلَٰمِۚ ذَٰلِكُمۡ فِسۡقٌۗ ٱلۡيَوۡمَ يَئِسَ ٱلَّذِينَ كَفَرُواْ مِن دِينِكُمۡ فَلَا تَخۡشَوۡهُمۡ وَٱخۡشَوۡنِۚ ٱلۡيَوۡمَ أَكۡمَلۡتُ لَكُمۡ دِينَكُمۡ وَأَتۡمَمۡتُ عَلَيۡكُمۡ نِعۡمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ ٱلۡإِسۡلَٰمَ دِينٗاۚ فَمَنِ ٱضۡطُرَّ فِي مَخۡمَصَةٍ غَيۡرَ مُتَجَانِفٖ لِّإِثۡمٖ فَإِنَّ ٱللَّهَ غَفُورٞ رَّحِيمٞ ٣

3. Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah, (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang   ( QS. Al-Maidah: ayat 3)


Semoga bermanfaat




No comments:

Post a Comment