Friday, April 5, 2013

Mail Server - 550-Access Denied, Return Path Reputation Network Blacklist 550

Jumuah Mubarok!!!

Bismillahirrahmanirrahim.... semoga hari Jum'at ini mendapat banyak berkah dari-Nya. Semoga agenda-agenda hari ini bermanfaat dan menyenangkan. Yep, itu harapanku pagi ini.
Kumulai hari dengan berngkat ke kantor 45 menit melebihi jam masuk seharusnya. Hehe... ya, aku berangkat jam 8.40 #BigGrin
Sampai di kantor masih nyantai-nyantai dulu. Daan.... beberapa jam kemudian (ga ada dua jam sih), doa ku pun terkabul. Dikejutkan dengan 2 trouble sekaligus. Satunya cukup mengejutkan sampai aku beruang kali mengucap istighfar dan kalimah thoyyibah lain #BigGrin
Tapi masalah besar itu tidak akan ku share hari ini. Kita masuk ke permasalahan yang ringan saja. Ceritanya ada client komplen tentang mail servernya yang tidak bisa kirim email ke salah satu alamat tapi kalu kirim dari yahoo maupun gmail bisa.
Dulu katanya sih, pernah kejadian seperti itu, tapi sudah bisa ditangani, dan hari ini seperti itu lagi. Jadi ketika client ku tadi kirim email dari servernya sendiri, selalu muncul balasan
This is the mail system at host mail.domain.co.id.
I'm sorry to have to inform you that your message could not be delivered to one or more recipients. It's attached below.
For further assistance, please send mail to postmaster.
If you do so, please include this problem report. You can delete your own text from the attached returned message.
                   The mail system
<user@domain2.co.id>: host mx-corp.cbn.net.id[ip_domain2] said:
    550-Access Denied, Return Path Reputation Network Blacklist 550
    http://www.senderscore.org/blacklistlookup/  (in reply to RCPT TO command)

Setelah tanya-tanya sama simbah, ternyata ketahuan didiuga ip server mail.domain.co.id (server clientku) masuk dalam daftar blacklist di senderscore.org.
Solusinya masuk saja ke https://www.senderscore.org/blacklistlookup/ dan masukkan ip server yang diblacklist
masukkan ip yang (diduga) diblacklist
Kemudian klik link click here untuk menghapus ip kita dari list.
Hapus IP dari list
Sudah, selesai. Silakan dibaca peringatannya, bisa jadi ip itu kembali di block suatu saat. Kurang tahu penyebab pastinya (Mungkin ada yang bisa bantu saya menjelaskan??) Apakah karena itu dua client saling sering berkomunikasi by mail  sehingga dianggap spam dan diblacklist? Atau karena sebab lain?
Kalau ada yang tahu boleh dong kasih tau daku. #Hohooo....

Semoga bermanfaat... ^_^

No comments:

Post a Comment