Wednesday, November 6, 2013

Balada of Jenga

Pengen Jengaaaaaaaaaaaaaaaaa....... Ini semua gara-kara Kyo aku jadi ngidam Jenga. Mentang-mentang nemu jenga murah terus borong semua setoko sampai habis. Jujur aja, aku baru tahu ada mainan macam itu di dunia ini yang bernama Jenga.

Jenga ni bisa dibilang permainan asah mental. Oya yang belum tahu sejarahnya jengga, ni nemu di kompasiana
Jenga adalah suatu permainan santai yang memerlukan keahlian mental dan fisik. Jenga dijual di beberapa negara dengan nama yang berbeda-beda, antara lain: Balance Tower, Cae – Cae, Family Stack ‘em,  Wackelturm, Tower, Tower Up, Tumble, Tumble Tower dan Mini Tumble. 
Leslie Ann Scott lah yang pertama kali merintis permainan Jenga. Scott adalah seorang desainer permainan kayu (game board) dan pendiri Oxford Games Ltd. Pada awal tahun 1970-an, bersama dengan keluarganya Scott sudah bermain Jenga dengan menggunakan balok-balok kayu yang dibelinya di pusat penggergajian kayu di Takoradi, Ghana. 
enga berasal dari kata kujengka yang dalam bahasa Swahili berarti “membangun”. Permainan membangun “tower” ini dimulai dengan menyusun 54 balok-balok yang terbuat dari kayu yang sama ukurannya. Balok-balok kayu disusun rapi dengan meletakkan tiga balok secara bertahap. Setiap lapis balok ditimpa dengan tiga balok lagi, akan tetapi penempatannya haruslah selang-seling. Susunan balok ini akan membentuk satu bangunan awal yang terdiri dari 18 tingkat dengan 3 balok untuk tiap lapisannya. Permainan yang sesuai untuk anak berusia 5 tahun ke atas ini idealnya dilakukan minimal oleh dua orang. 
Pada 1983, Leslie Scott Associates berhasil memasarkan game ini di London Toy Fair. Satu pencapaian yang luar biasa yang diraihnya di tengah2 bisnis mainan yang didominasi oleh pria. Setahun kemudian, Scott memberikan hak ekslusif kepada Amerika dan Kanada melalui Robert Grebler, seorang pengusaha asal California yang merupakan abang dari sahabat karib Scott. Tindakan yang disesalkannya di kemudian hari, mengingat Jenga kini menjadi “the 2nd best-selling game in the world!” Tercatat sudah 50 jt prmainan Jenga yg terjual di seantero jagad. 
3 thn kmudian (1986) Jenga diluncurkan lagi di Toronto Toy Fair, dmn penjualan Jenga setelah bergabung dgn agen di Kanada semakin meningkat, skr lisensi dpegang Hasbro. 
Jenga yang ori
Gambar di atas adalah jenga yang original berlisensi. Agak muhul. Bisa nyampe ratusan ribu. Yang KW KW gitu juga ada, aku search rata-rata harga 80-90an. Nah yang kyo dapetin kemarin muraaaaaah bangett nget ngettt... 20ribu masih kembali 500 rupiah. Kalaplah ia, trus diborong semua buat main-main di cafe barunya yang emang sengaja memfasilitasi berbagai mainan 'sehat' untuk memanjakan pengunjungnya.

Dilihat dari beda harganya, ketahuan lah yang dibeli kyo ori atau ga. Sama yang KW pada umumnya ada jauuuh #grin

Tapi meskipun dari harga beda jauh, I think everything is okay. Malah lebih enak juga. Jumlahnya sama-sama 54 balok, bedanya ada angka di setiap baloknya. Ada dadunya. Jadi mainnya ntar pemainnya kocok dadu, trus keluar angka berapa, misal keluar angka 2 dan 4, ambil aja balok nomor 24 atau 42 trus tumpuk lagi di bangunan paling atas. Yaa ga tau juga itu peraturan resmi atau bukan, yang penting enjoy lah.

Paling seru itu kalau harus ngambil balok di posisi yang ga enak banget.... kayak gini
Hasil duel sama kyo. Lupa siapa yang akhirnya merubuhkan bangunan 

Nah kalau kita harus ambil balok nomor 6 itu gimana coba >_< Pokoknya ini mainan seru bangettt....
Recommended lah.

Jadi, siapa nih yang mau beliian aku jenga? #winking #ngarep

Tambahan:
Oiya, kalau mau yang mirip-mirip jengga gitu, ada juga Uno Stacko. Beda bahan. Kalau jenga dari kayu, jadi kalau jatuh-jatuh ga patah.
Uno Stacko

Semoga bermanfaat ^_^

2 comments:

  1. Dulu aku (zaman SMP kayanya) pernah mainan kaya gitu dek.
    Karena waktu itu aku lihat film kartun jepang yang ada mainin kaya gitu, akhirnya kami ikutan juga, karena gak tau beli alatnya dimana, kami pakai penghapus karet panjang-panjang punya satu kelas.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai penghapus susah dong, ga smooth, susah di dorong-dorongnyaa >_<

      Delete