Thursday, October 6, 2011

Ujian CCNA 1

Saat tulisan ini dibuat, saya sudah mengikuti ujian hari ke-7. Diantara kesibukan-kesibukan nge-GJ, saya pengen share tentang ujian CCNA. Ujian CCNA ngapain aja sih. Yaah sekedar share aja.
Jadi, ujian CCNA itu dilaksanakan per chapter. Terserah institusinya mau berapa chapter sehari. Yang jelas setiap kali ujian ada expired timenya.
Nah, kalau sekarang saya sedang ujian CCNA 1, maka CCNA itu ada 11 chapter, tapi yang chapter I tidak diujikan, jadi cuma ujian chapter 1-9 + final exam + ujian praktik. Kemudian ujian praktik dilaksanakan di institusi masing-masing. Bobot  2% untuk masing-masing chapter dan 40% untuk final exam.
Masing-masing chapter diberi kesempatan 3x, yaitu 1x ujian dan 2x ngulang. Untuk Final Exam nya diberi 2x kesempatan, yaitu 1x ujian dan 1 kali ngulang. Untuk ujian praktik konon ga ada ngulang.
Sharing aja, tadinya sempet deg-degan gitu mau ujian. Belajar CCNA Exploration sungguh-sungguh oy. Nah, ternyata, waktu ujian, entah keteledoran institusi pelaksana ujian atau memang disengaja, ternyata sambil ngerjain koneksi internet masih jalan. hohooo gugling lah kita.
Awalnya masih polos bukanya google translate. Ditranslate tuh soal trus coba jawab. eh tetep bingung. sudah deh, copy aja soalnya langsung masukin ke google. Ahay! ketemu oy. Nah.. lama-lama semakin cerdas saja kita guglingnya. Naah.... akhirnya tahulah kita kalau ternyata soal2 ujian itu sama di seluruh dunia dan jawabannya sudah melanglang buana di awan-awan internet. Nih, saya kasih linknya langsung yg valid. http://ccnaanswers.com/
semua ada di situ. InsyaAlloh jawabannya terbukti benar 100% (saya sudah coba yg chapter4 dan hasilnya 100%).

Hari pertama ujian saya jalani dengan riang hati. Tapi setelah selesai, beberapa jam kemudian hati nurani saya tergelitik. Saya sudah berjanji untuk selalu berusaha jujur kepada diri sendiri. Hasil yang kudapat tadi bukan hasil pemikiranku. So, saya tidak tahu sejauh mana pengetahuanku tentang Jaringan. Di ujian ini kita sudah diberi 3x kesempatan per-chapternya. Kita sudah bayar mahal pula. Lha So, kenapa kita buang sia2 kesempatan2 itu?
Akhirnya untuk hari kedua saya bertekad untuk memanfaatkan kesempatan-kesempatan yang ada. Malam hari untuk ujian chapter 3 (ujian pertama untuk CCNA 1 langsung chapter 2) saya bertekad belajar dan tidak mencontek. Okay, hasil 76%. Lumayan, masih memenuhi standar. Kemudian hari berikutnya chapter 4 ternyata hasil kurang dari 70%. WHAT? TIDAAAAK *lebay ah* ngulang deh. Hari ke-4 saya ujian 2 chapter, ngulang chapter 4 dan ujian chapter 5.
Saya kerjakan dulu chapter 5. Dan hasilnya ternyata lebih parah dari chapter 4. Masyaalloh.... Okay. Lupakan. Besok ngulang. Lanjut, ngulang chapter 4. Dan hasilnya.... oh NOOOOOOOOOOOOO...... masih di bawah standar lagi!!!! Okelah terpaksa. Hari ke-5 banting stir. Buka deh ccnaanswer. Lengkap dan langsung 100% dalam sekejab. W-O-W WOW!
Ganti strategi. Kalau kemarin strateginya: kesempatan 1&2 ujian apa adanya, ga nyontek. Kesempatan terakhir nyontek jawaban. Sekarang strateginya: kesempatan 1 ujian apa adanya, ga nyontek. Kesempatan kedua buka 'View Curriculum', CCNA exploration yg online, jd tetep belajar juga namanya. Trus kalo gagal lagi baru liat kunci jawaban.
Hari ke-5 Chapter 5 sukses dg kesempatan ke-2, buka view curriculum :D
Singkat cerita sampai hari ini akhirnya saya msih mencoba untuk belajar. So, buat temen-temen yang juga lagi ujian, cobalah untuk jujur pada kemampuan diri sendiri. Tapi kalau memang kepepet, ya..... semua dikembalikan ke hati nurani aja lah :D

Btw kalau pengen lansung diprint aja, ni tinggal download aja ke sini. Itu jawaban chapter 6,7,8 dan 9 aja. Buat belajar aja lho....
Oke, semoga bermanfaat ^_^

No comments:

Post a Comment