Sunday, March 13, 2011

Definisi Proxy

Cerita dulu sebelumnya. Alkisah ketika saya mencoba mengakses web saya di kampus, ternyata aksesnya lama dan sering tidak bisanya. Kurang tahu apa sebab persisnya. Sepertinya memang hostingnya yang memang jelek karena web teman-teman saya yang beli satu hostingan juga tidak bisa dibuka di kampus. Lama-lama web kami yang satu hostingan sama sekali tidak bisa dibuka di kampus. Sepertinya memang di blok dari kampus.
Jadi, untuk mengakalinya, biar kita bisa buka situs-situs yang telah di blok, kita bisa pakai proxy. Nah, apa itu proxy?


Proxy apabila diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia berarti wakil atau wali. Berarti bisa dikatakan bahwa proxy merupakan wakil kita dalam mengakses informasi dari situs atau server lain dalam internet.

Sederhananya, proxy dapat kita analogikan sebagai asisten yang bisa kita suruh-suruh untuk mengambilkan sesuatu. Jadi berdasarkan analogi tadi, kita bisa membayangkan bahwa kita bisa menyuruh proxy untuk mengunjungi suatu situs/server, mengambil informasi dari sana, dan kemudian menyuruh si proxy untuk memberikan informasi tersebut kepada kita.

Kelebihan dari proxy ini adalah, situs/server penyedia informasi tersebut tidak akan mengetahui kalau kita sudah mendapatkan informasi dari situs tersebut. Situs penyedia informasi hanya akan mengetahui kalau si proxy pernah meminta informasi darinya. Jadi, situs penyedia informasi hanya dapat mengetahui kalau Anda memiliki informasi dari situs tersebut dari proxy.

Namun kenyataanya, (katanya) banyak proxy yang tidak mau menyebutkan identitas siapa yang menggunakannya untuk mengambil informasi dari suatu situs. Jadi apabila situs penyedia layanan bertanya kepada proxy, si proxy (katanya) tidak akan memberikan informasi tentang kita kepada situs penyedia layanan tersebut.

Berikut adalah skema dari penggunaan proxy dalam mengakses suatu situs internet.



Nah, sekarang tinggal bagaimana caranya kita pakai proxy. Sebenarnya banyak sekali penyedia proxy gratis kalau kita search google ketikan saja free proxy :-) . Mungkin bisa kita coba satu persatu. Namun memang tidak semuanya valid sih. Di sini saya merekomendasikan ini http://www.proxy4free.com
pertama-tama masuk ke situ penyedia proxy itu, kemudian pilih lokasi proxy. Bebas, terserah pilih yang mana. Lalu, tinggal masukkan saja situs yang diblok yang ingin anda kunjungi.

Itu saja postingan kali ini. Semoga bermanfaat. Tapi sebagai catatan, jangan disalahgunakan untuk membuka situs yang 'tidak-tidak' lho ya. Bukalah situs-situs yang sesuai dengan norma-norma yang berlaku :D

Semoga bermanfaat ^^

No comments:

Post a Comment