Monday, November 21, 2016

Sekelumit cerita - Dari Research Student hingga BU

Banyak yang bertanya bagaimana bisa aku kuliah di Jepang. Pakai beasiswa apa? Kalau kuliah di Jepang harus bisa bahasa Jepang atau tidak, dan lain-lain. Sebenarnya sudah lama niat mau berbagi pengalaman tapi kok ya malesnya ga pergi-pergi. Tapi sudah ada janji dengan beberapa teman untuk share pengalaman komplit (terutama menyoal pembiayaan). Selain itu, ada juga janji dengan diri sendiri kalau dapat beasiswa mau nulis cerita perjalanannya. Tapi ini aku nulisnya asal aja ya. Asal mengalir dari hati tanpa gambar warna-warni dan atau hal-hal nyeni ala-ala blogger pada umumnya. Ndak. Jadi siap-siap bosen. Heheh.

Oke. Darimana sebaiknya kita mulai? Oh kita mulai saja dari pertanyaan Gimana cara bisa kuliah di Jepang? Karena itu pertanyaan yang paling sering muncul.

Gimana cara bisa kuliah di Jepang?
Sebenarnya ada banyak cara, yang paling umum (sepengetahuanku) adalah adanya kerjasama antar institusi misal antar universitas, dan/atau program-program PNS (terutama dosen dan peneliti). Kalau ada kerjasama dari institusi gitu sepertinya memang lebih gampang ya, informasinya bisa ditanyakan langsung ke institusinya. Biasanya ada beberapa program yang bisa diikuti. Tinggal ikuti persyaratannya, kalau rezeki, gampang lah insyaAllah.

Nah, gimana kalau kita ini dosen bukan, mahasiswa bukan (udah lulus maksudnya), kampus atau almamater mungkin baru ‘terdengar’ (lebih parah dari sekedar terakreditasi) sehingga ga ada kerjasama dengan kampus di luar negeri, cupu pula, ga punya duit pula, pinter juga enggak, IPK pas-pasan. Kalau memang begitu kondisinya, saran paling utama adalah kencengin deh doanya. Hehe…

Eh tapi serius. Itu ciri-cirinya mendekati kondisiku lho. Selain doa, asalkan ada usaha dan tawakkal yang sungguh-sungguh sehingga orang tua dan Allah ridho, inshaAllah bisa.

Nah, jadi kalau kita tidak terikat suatu institusi, maka kita harus kerja keras mencari jalur yang lain dan berusaha lebih keras. Berikut ini poin-poin yang mungkin bisa diusahakan (ga urut gapapa lho):

Saturday, October 15, 2016

Hijrahku bukan Mekah-Madinah

Lokasi: Wahana "Jaws" di Universal Studio Japan

Akhir-akhir ini sering mendengar kata hijrah. Kalau kita search tentang hijrah, pada dasarnya hijrah adalah perjalanan Rasulullah Muhammad sallallahu 'alayhi wasallam dari Mekah ke Yatsrib yang kemudian beliau ganti nama menjadi Madinah. Move on ini adalah titik balik setelah 13 tahun awal dakwah Rasulullah mengalami tantangan baik fisik maupun psikis dari masyarakat Mekah. Tidak seperti di Mekah, di Madinah Islam sangat diterima dan orang-orang memuliakan Rasulullah sebagai seorang Nabi dan Rasul dan teladan dalam setiap aspek kehidupan.
Seiring berjalannya waktu, entah sejak kapan, rasanya makna hijrah semakin luas. Entah benar atau tidak, sepertinya di Indonesia sekarang orang memaknai hijrah adalah segala macam move on. Umumnya dari move on dari yang tadinya jauh dari Islam ke yang lebih dekat dengan Islam. Yang tadinya tidak pakai jilbab, sekarang hijrah jadi pakai jilbab, rutin datang ke pengajian, lebih serius belajar Islam dan lain-lain. Secara fisik, bahkan pindah rumah pun orang bisa mengatakan itu hijrah. 
OK deh. Fix. Kalau gitu aku juga mau memaknai kepindahanku ke Jepang yang tujuan utamanya adalah melanjutkan studi sebagai hijrah juga.

Friday, August 26, 2016

Sang Mantan


Sang Mantan

💟💟💟💟💟💟💟💟💟💟💟💟💟

Kala itu
Banyak orang datang dari benua biru
Awalnya kita pikir mereka tamu
Datang untuk membeli jamu
Jamu yang sangat laku
dijual di benua biru
Namun lama-lama mereka jemu
Hanya jadi pembeli melulu
Akhirnya nafsu menggebu
Tak hanya jamu yang mereka mau
Dan mereka pun datang menyerbu
Hingga tiga abad lebih berlalu
Nenek moyang kita ditipu!

Merdeka!
adalah cita-cita nenek moyang kita
Berbagai cara mereka lakukan
Dengan kelembutan maupun kekerasan
Jiwa raga nyawa bahkan keluarga dikorbankan
Demi sebuah asa kemerdekaan
Demi mengusir sang mantan 

Ah, kita memang terlalu cantik
Para mantan datang silih berganti
ada yang putih
ada pula yang kuning
Nenek moyang kita pun berganti 
Dari generasi ke generasi
Mewariskan semangat yang tak pernah mati
Hingga akhirnya datanglah yang dinanti
Proklamasi!

Tujuh belas Agustus
Tujuh puluh satu tahun yang lalu
Konon para mantan pergi berlalu
Meskipun awalnya tak semuanya mau
Tapi kita tak mau tahu
Karena kemerdekaan menjadi pemacu

Kini mereka sudah pergi
Para mantan sudah pulang kembali
Nenek moyang sudah berganti
Tinggalah kita sendiri
Merawat bumi pertiwi
Membuatnya tersenyum kembali

💟💟💟💟💟💟💟💟💟💟💟💟💟

Shofi, di negri Sang Mantan
18 Agustus 2016
Didedikasikan untuk Indonesia Membaca dalam rangka 71th Indonesia

Wednesday, August 10, 2016

Your destiny is awaiting


I wanna announce it
But what for? 
I wanna everybody in this world know
But what for? 
I wanna get..... 
Again...  What for? 
Everything happens with a reason
Or some
5W 1H may always following each step you take
Is it easy to get it? 
To know the main means? 
Well, train yourself 
Believe yourself 
Ask your heart 
Hear it
Alloh has told you
Through your deepest heart 
Don't you hear it? 
It's telling you
Try to get you
Don't you ignore it? 
Keep on eye your road ahead
See your future still waiting for you
To be strong is what you need the most now

Let Alloh drive you 
Ask Him to make it for you
Alloh own everybody's heart
Ask Him to make it for him
Well, nothing imposible
Keep moving forward 
And give benefits to others
Your destiny is awaiting 

6-411, 03-08-2016

Thursday, June 23, 2016

Trio Propagasi Gelombang



Dalam komunikasi nirkabel (wireless communication), gelombang radio mengalami propagasi, atau persebaran, dari transmitter ke receiver biasanya disebabkan oleh tiga fenomena fisik yaitu :

  1. Pantulan (Reflection
  2. Difraksi (Diffraction)
  3. Pembelokan (Scattering)
Reflection--adalah fenomena fisik yang terjadi ketika gelombang elektromagnetik menabrak obyek yang luas dimensinya seperti gedung atau permukaan bumi. 

Diffraction--terjadi ketika gelombang terhalang oleh obyek yang tajam tak beraturan yang masih memiliki celah-celah sehingga menghasilkan gelombang sekunder di balik obyek penghalang tersebut. 

Scattering--adalah fenomena fisik ketika ketika gelombang dipaksa dibelokkan karena menabrak penghalang-penghalang kecil seperti dahan pepohonan, rambu-rambu lalutintas, dll. Hal ini menyebabkan sinyal yang sampai ke receiver  berasal dari beberapa jalur sehingga biasa juga disebut multipath propagation.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...