Wednesday, January 16, 2013

Efek Laksatif


Tadi aku dikasi permen pelega tenggorakan yang gambarnya kapal sama temanku. Pedes beud.... Waktu aku baca komposisi di bungkusnya ada warning,
Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan efek laksatif.
Sebenarnya apa sih efek laksatif itu? Coba-coba searching, akhirnya ketemu juga maksudnya. Nemu di Wikipedia, Laksatif adalah makanan atau obat-obatan yang diminum untuk membantu mengatasi sembelit dengan membuat kotoran bergerak dengan mudah di usus.  Laksatif merupakan obat bebas yang biasanya digunakan untuk mengatasi konstipasi atau sembelit.

Kelompok laksatif
  1. Pencahar pembentuk tinja (bulk laxative)
    Pencahar jenis ini umum beredar di pasaran, baik yang berasal dari serat alamiah seperti psyllium ataupun serat buatan sepertu metil selullosa. Keduanya sama efektif dalam meningkatkan volume tinja. Obat ini cukup aman digunakan dalam waktu yang lama tetapi memerlukan asupan cairan yang cukup.
  2. Pelembut tinja/feses
    Obat jenis ini dipakai oleh usia lanjut sebagai sebagai pelembut feses. Obat ini mempunyai efek sebagai surfaktan yang menurunkan tegangan permukaan feses, sehingga dapat meresap dan feses jadi lembek.
  3. Pencahar stimulan/perangsang
    Contoh golongan ini adalah senna, bisacordil. Senna aman dipakai untuk usia lanjut.Efek obat ini menstimulasi dan meningkatkan peristaltik atau gerakan usus.
  4. Pencahar hiperosmoler (osmotic laxative)
    Mempunyai efek menahan cairan dalan usus dan mengatur distribusi cairan dalam tinja. Jenis ini mempunyai cara kerja seperti spon sehingga tinja mudah melewati usus. Jenis golongan ini seperti laktulosa dan sorbitol.
  5. Enema
    Enema dimaksudkan untuk merangsang terjadinya evakuasi tinja sehingga bisa keluar. Pemberian ini harus hati – hati pada usia lanjut karena sering mengakibatkan efek samping.
 Jadi, dengan kata lain, efek laksatif adalah efek melancarkan buang air besar. Jika efek ini terlalu berlebihan akan menyebabkan diare dan jika dibiarkan akan membuat penderita kekurangan cairan.

Itu dulu tentang laksatif. Semoga bermanfaat ^_^

Sumber:
http://kisah-anak-kost-kikos.blogspot.com/2012/10/istilah-istilah-dalam-bungkus-makanan.html  
http://id.wikipedia.org/wiki/Laksatif




6 comments:

  1. thanks yaaa untuk info laksatifnya... aq jg baca dari bungkus permen karet mint.. aq penasaran dg kata2 klo "dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan efek laksatif"... aq fikir laksatif itu berbahaya mengingat aq hobby banget makan permen mint... tp setelah baca info ini aq jd lega... heheeee ternyata efeknya mules2 yaaaaa.. qiqiiqiqiiqiiqq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama... terima kasih sudah mampir :D

      Delete
  2. Waaahhh....
    makasih ya KIKOS udah dijadiin referensi... :D
    arigatougozaimashita <3

    -Epik-

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...