Wednesday, January 30, 2013

Sejarah Teknologi Informatika

Penasaran juga sama ni sama sejarah teknologi Informatika dunia. Cari-cari akhirnya dan ini cuplikannya. Copas aja, minimal buat konsumsi pribadi :D

Masa Modern (1400-an M s/d sekarang)
Tahun 1455
Dikenal namanya mesin cetak yang memakai plat huruf terbuat dari besi yang dapat diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu dikembangkan untuk yang pertama kalinya oleh Johann Guntenberg.
Tahun 1830
Program komputer yang pertama di dunia ditulis oleh Augusta Lady Byron dan bekerja sama dengan Charles Babbage menggunakan mesin Analytical-nya. Alat cipatan mereka tersebut didesain mampu memasukkan data, mengola data, dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Sebagai bentuk komputer digital yang pertama dan cara kerjanya masih terbilang mekanis daripada bersifat digital, 94 tahun sebelum komputer digital pertama ENIAC 1 dibentuk .
Tahun 1837
Telegraf dikembangkan oleh oleh Samuel Morse dengan pemakaian kode Morse. Samuel Morse  bersama Sir Wiliam Cook dan Sir Charles Wheatstone mengirim secara elektronik pesan antara dua tempat yang berjauhan melalui kabel yang menghubungkan kedua tempat. Pengiriman dan penerimaan informasi ini mampu dikirim dan diterima pada saat yang hampir bersamaan waktunya penemuan ini memungkinkan informasi dapat diterima. Hingga akhirnya dipakai secara luas oleh masyarakat tanpa dirintangi oleh jarak dan waktu.
Tahun 1861
Gambar bergerak yang diproyeksikan ke dalam sebuah layar pertama kali digunakan sebagai cikal bakal film sekarang pada zaman dulu proyektor ini berkembang dengan sebutan layar tancap.
Tahun 1876
Melvyl Dewey pada era ini ditandai dengan dikembangkannya sistem penulisan desimal.
Tahun 1877
Pada era ini telepon diciptakan dan dikembangkan oleh Alexander Graham Bell dan digunakan pertama kali secara umum. Edward Maybridge juga menemukan fotografi dengan kecepatan tinggi.
Tahun 1899
Pada masa ini dipakai sistem penyimpanan dalam tape (pita) magnetis yang pertama tetapi pada masa ini penyimpanan masih bersifat analog belum digital seperti masa sekarang.
Tahun 1923
Zvorkyn menciptakan tabung TV yang pertama.
Tahun 1940
Pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi pada masa Perang Dunia 2 yang dipakai untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetik tape.
Tahun 1945
Sistem pengkodean memakai hypertext dikembangkan Vannevar Bush. Pemakaian hypertext sudah berkembang seiring dengan perkembangan desain web site yang saat ini berkembang.
Tahun 1946
Teknologi komputer digital pertama di dunia ENIAC I dikembangkan walaupun belum begitu banyak pemakai tetapi teknologi computer sudah digunakan instansi-instansi tertentu.
Tahun 1948
Transistor dikembangkan para peneliti di Bell Telephone.
Tahun 1957
Transistor planar dikembangkan Jean Hoerni mengembangkan. Teknologi ini memungkinkan pengembangan jutaan bahkan milyaran transistor dimasukan kedalam sebuah keping kecil kristal silikon. Sputnik diluncurkan oleh Rusia sebagai satelit bumi buatan pertama yang bertugas sebagai mata-mata. Karena hal tersebur Amerika membentuk Advance Research Projects Agency (ARPA) di bawah kewenangan Departemen Pertahanan Amerika untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dalam bidang militer.
Tahun 1972
E-mail diciptakan oleh Ray Tomlinson sebagai program pertama yang digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh menggunakan teks. E-mail yang dikenal saat ini yang sring juga disebut sebagai surat elektronik.
Tahun 1973-1990
Internet pertama kali diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP kemudian dilakukan pengembangan sebuah protokol jaringan yang kemudian dikenal dengan nama TCP/IP yang dikembangkan oleh grup dari DARPA. Pada tahun 1981 National Science Fondation mengembangkan Backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan. Kemudian pada tahun 1986 IETF mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat koordinasi diantaranya : DARPA, ARPANET, DDN, dan Internet Gateway.
Tahun 1991-Sekarang
Perkembangan peradaban manusia merasuki semua bidang. Sistem bisnis berbasis teknologi pun dilakukan. Ketika CERN dalam menanggulangi biaya operasionalnya memungut bayaran dari para anggotanya. Pada tahun 1992 pembentukan komunitas internet, kemudian diperkenalkan istilah World Wide Web (WWW) oleh CERN. Pada tahun 1993, NSF membentuk interNIC untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database (oleh AT&T), jasa registrasi (oleh Network Solution Inc), dan jasa informasi (oleh General Atomics/CERFnet). Perkembangan pertumbuhan internet berkembang  sangat pesat pada tahun 1994. Internet merambah ke dalam segala segi kehidupan manusia yang menjadikan internet sebagai bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia. Perusahaan umum pada tahun 1995 mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di Backbone. Langkah ini menjadi tapakan dasar pengembangan teknologi informasi terkhusus internet serta masih dilakukannya berbagai penelitian dalam mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih.
Penemuan Teknologi Informatika di Masa Modern
TahunPeristiwa
1450 MEropa meski belum terbit secara harian koran pertama di dunia mulai beredar.
1455 MMesin cetak dikembangkan Johann Gutenberg dengan memakai plat huruf dari besi dan dibingkai dengan kayu yang dapat diganti-ganti
1560 MCamera Obscure diciptakan sebagai kamera foto pertama.
1642 MBlaise Pascal ahli matematika dan ahli filsafat dari Prancis membuat Pascal’s Machine Aritmetique (The Pascaline)yang merupakan sebuah alat perhitungan dengan mesin mekanik yang pertama, dan sampai saat ini computer modern masih menggunkan teknik alat ini.
1650 MDi Jerman surat kabar pertama beredar.
1714 MMesin ketik modern diciptakan oleh Henry Mill dari Inggris.
1793 Mjalur telegraf optic jarak jauh dibuat oleh Claude Chappe.
1821 MCharles Whaetstone ditemuakan oleh Microfon untuk pertama kalinya.
1830 MAgusta Lady Byron bekerja sama dengan Charles Babbage menggunakan ide mesin Analytical menulis Program komputer yang pertama.
1831 MJalur listrik pertama di dunia diciptakan Joseph Henry.
1837 MSamuel F.B. Morse bersama William Cook dan Charles Whaetstone mengembangkan telegraf dan kode Morse
1843 MMesin Faksimili pertama diciptakan oleh Alexander Bain.
1861 MKinematoskop sebuah alat untuk memutar slide ditemukan.
1876 MMesin fotocopi pertama ditemukan Thomas Alva Edison, pesawat telepon ditemukan oleh Alexander Graham Bell. Pada tahun yang sama, sistem pencatatan katalog buku untuk perpustakaan diseluruh dunia yang bernama Sistem Desimal dikembangkan oleh Dewey Melvyl Dewey.
1888 MGeorge Eastman menciptakan gulungan film untuk memotret.
1910 MFilm bersuara pertama di dunia berhasil diciptakan Thomas Alva Edison
1923 MPesawat televisi pertama ditemuakn oleh Vladimir Kosma Zworykin.
1934 MTape Recorder dikembangkan Joseph Begun.
1936 MKonrad Zuse menciptakan Komputer pertama di dunia dengan nama Z1
1945 MVannevar Bush mengembangkan kode Hypertext.
1946 MENIAC 1, komputer digital pertama dikembangkan
1957 MSatelit bumi buatan pertama Sputnik diluncurkan oleh Uni Soviet (Rusia), sedangkan di Amerika terbentuk ARPA (Advanced Research Projects Agency)
1958 MMesin fotokopi pertama dengan nama Xerox diciptakan Chester Carlson
1963 MSistem kode pos diciptakan Amerika.
1969 MCikal bakal adanya Internet diciptakannya ARPANET.
1971 MDiciptakannya Disket pertama di dunia
1972 MProgram e-mail pertama diciptakan Ray Tomlinson.
1973 MLahirnya protokol internet TCP/IP
1979 MLahirnya jaringan telepon tanpa kabel pertama di dunia dipelopori oleh Jepang.
1980 MJepang membuat Walkman pertama di dunia oleh Perusahaan Sony.
1985 MDitemukannya cakram penyimpan data (CD)
1992 MMunculnya WWW oleh CERN (Laboratorium Partikel di Swiss)
1999 MGoogle.com Muncul sebagai raksasa mesin pencari informasi secara gratis di dunia.
http://bolmerhutasoit.wordpress.com/tag/sejarah-perkembangan-teknologi-informatika/

1 comment: