Thursday, October 10, 2013

Dr Khoirul Anwar - A "MORE" Way to Success

”Pain is temporary. It may last a minute, or an hour, or a day, or a year, but ... something else will take its place. If I quit, however, it lasts forever.”
–Lance Armstrong (1971)–

Kemarin, untuk pertama kalinya ketemu langsung dengan Dr Khoirul Anwar. Ada yang tidak tahu beliau? Beliau itu peneliti telekomunikasi yang salah satu hasil risetnya diterapkan teknologi 4G, peneliti di Japan Advanced Institute of Science and Technology (JAIST). Lihat profil lengkap beliau di sini nih.

Seneng bangeeeeeeeeeeets akhirnya bisa bertemu, lebih tepatnya ikut jadi peserta di suatu diskusi. Banyak cerita dan pengalaman beliau yang bisa menjadi motivasi untuk semakin semangat menuju.... Jepang #eheee
Banyak hal yang beliau sampaikan, tapi ini sedikit review saja yang beliau sampaikan, yaitu tentang
A "MORE" Way to Success
MORE for:

  1. MOtivation → Big Dream
  2. enduRance, chaRacter → ”Pain is temporary”
  3. fEEdback → {Social, Trust, CoopEration}

1. MOtivation → Big Dream
Dengan mimpi besar sebagai motivasi, membuat seseorang akan terus bekerja dengan serius untuk mengejar mimpinya meskipun tidak dilihat orang, meskipun tidak ada penilaian dari orang lain, memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

2. enduRance, chaRacter → ”Pain is temporary”
Saat itu DR. Khoirul memberi contoh tentang endurance (ketahanan) karakter NINJA, seperti yang tersirat pada kanji NIN () untuk NINJA (忍者).

kanji NIN

Huruf Utama nin (?) terdiri dari dua karakter. Karakter atas yaiba (?) berarti "ujung pedang", dan karakter bawahnya kokoro (?)mempunyai arti "jiwa" atau "hati". Kanji 刀 berarti "pedang" atau "blade", Kanji 刃 mempunyai arti "ujung pedang." Jika kedua kanji digabungkan mempunyai arti "menyusup", "kerahasiaan", "ketahanan", dan "ketekunan". (sumber)

Seperti kehidupan seorang ninja, dengan ketahanan yang luar biasa ia hidup penuh dengan "penderitaan" tidur dimana saja, menyusup dan merahasiakan keberadaan namun full action, dan dengan ketekunan dan disiplin ia mempelajari ilmu-ilmunya.

Kalaupun kita pernah melakukan kesalahan yang memicu penderitaan, jadikan itu sebagi pelajaran.

3. fEEdback → {Social, Trust, CoopEration}
Untuk menganalogikan tentang arti sosial ini DR. Khoirul memberikan beberapa versi.
- Versi Einstein seperti gambar ini

Einstein's equation of life
Jika A adalah kesuksesan maka rumusnya :
A = x + y + z
dengan x adalah bekerja, y adalah bermain, z tutup mulutmu (jangan terlalu banyak bicara, red)

Bahasa kerennya tawazun gitu, seimbang. Begitulah, kita harus seimbang dalam menjalani hidup. ITu juga yang dicontohkan Rasulullah, bukan.

- versi belajar kanji

 (chikara) adalah kanji untuk power, kekuatan. Tapi, kalau tiga kanji chikara digabung, maka akan menjadi  (kyō) yang artinya cooperation, kerjasama.
atas:  (kyō), cooperation, kerjasama
bawah
 (chikara), power, kekuatan 
Kumpulan kekuatan itulah yang disebut kebersamaan. Kasarnya, kalau tidak pintar, tapi jika bekerjasama, bisa mengalahkan orang pintar.

Satu lagi sebenarnya ada, versi rumus telekomunikasi, tapi berhubung akunya yang terlalu o*n  jadi ga paham dan ga dicatet #ehee



Hokay baiklah.. gitu aja. Semoga bermanfaat ^_^

No comments:

Post a Comment