Wednesday, November 14, 2012

Compile Kernel FreeBSD 9.0

Sudah banyak tutorial tentang kompile kernel kalo tanya simbah. Termasuk gimana caranya kalau directori /usr/src/  kita kosong. Kan kernel kita yang asli kesimpennya di /usr/src/sys.

Karena itu, sebelum ngompile kernel, kita pastikan dulu kita punya kernel aslinya. Buat backup gitu. Nah kalau kita /usr/src/ kita kosong gimana dong. Yasudah, donlot dong ya, bisa pake sysinstall>Configure>Distribution>src>sys trus pilih media instalasinya mau dari mana.

Installing FreeBSD 9 source
Dan ternyata sodara-sodara sekalian, saia tidak sukses mendownload pake CD maupun ftp!!!! Walhasil saya donwload filenya langsung aja deh. Hehee bertele-tele banget ya, biar gampang, sok semuanya aja langsung download packet src semuanya disini buat yg amd64 buat yang i386 download disini. Terserah mau didownload langsung dari bsdnya atau kalau downloadnya diwindows, tinggal copy aja filenya pake scp di root kalau ga bisa di /tmp.

kalau sudah ekstrak file src.txz di directory / dengan perintah berikut :

tar -C / -xvzf src.txz
 Kalau berhasil pasti sudah ada directory /sys di /usr/src.


Building dan Install Kernel Baru
Setelah punya source kernelnya, dan sebelum kita mengutak-atik kernel sebelumnya, dicopy dulu. biar kalo kenapa-kenapa bisa dibalikin :D
Pertama kita masuk ke direktori sourcenya dulu di /sys. Karena disini saya pakai amd64 jadi commandnya sebagai berikut :

 # cd /usr/src/sys/amd64/conf

Kemudian copy kernel asli dan rename terserah. Disini saya copy dengan nama NEWKERNEL. Biasanya nama kernel pakai huruf kapital (biar gampang kali ya? alasan sesungguhnya saya juga tidak tahu :D).
# cp GENERIC NEWKERNEL
Kalau sudah dicopy, tinggal edit-edit atau ditambah-tambahi aja kernel barunya.  Kemudian build dan install ikuti 3 langkah ini saja 
  1. Pindah ke direktori /usr/src # cd /usr/src
  2. Compile the kernel:# make buildkernel KERNCONF=NEWKERNEL
  3. Install kernel kernel baru:# make installkernel KERNCONF=NEWKERNEL
Kalau berhasil, kernel baru itu dicopi akan di direcory /boot/kernel dan dibaca sebagai /boot/kernel/kernel . Sedangkan kernel lama dipindah di direktori /boot/kernel.old/kernel.
Setelah selesai, jangan lupa untuk reboot.... 
Itu dulu catatan hari ini. Semoga bermanfaat ^_^

sumber :
1. http://forums.freebsd.org/showthread.php?t=29172
2. http://www.freebsd.org/doc/en_US.ISO8859-1/books/handbook/kernelconfig-building.html

No comments:

Post a Comment