Wednesday, November 13, 2019

Apa yang Bisa Kita Pelajari dari Sejarah Catur Komputer

Sebuah pertanyaan. Kenapa permainan catur hampir selalu ada di setiap setiap sistem operasi yang menyediakan permainan-permainan dasar. Pertanyaan yang hampir serupa juga menjadi tugas kuliah pertamaku, apa yang bisa kita pelajari dari dari sejarah catur komputer?

Sebelum menjawab perntanyaan, mari kita review dulu sejarah cikal bakal mesin-isasi atau komputerisasi sebuah permainan catur.

1. The Turk adalah robot (ilusi) catur pertama yang pertama dibuat oleh Wolfgang von Kempelen (1734-1804) pada tahun 1769 dan didemonstrasikan pertama kali pada tahun 1770. Sebuah 'lelucon' dari sebuah mesin catur karena sebenarnya dibalik 'robot' pecatur yang bermain dengan sangat apik hingga mengalahkan permainan catur negarawan semacam Napoleon Bonaparte dan Benjamin Franklin, ada seorang Chess Master yang menjadi operator di dalam meja catur tersebut
Pada zaman itu untuk dapat menggerakkan 'robot' baik tangan, kepala hingga detail gerakan bola mata secara 'otomatis' (tidak sepenuhnya otomatis sih, karena ada operatornya) adalah penemuan luar biasa. Dibutuhkan aplikasi rumus-rumus matematika untuk membuat mesin semacam ini. Untuk lebih detail tentang The Turk, bisa dilihat di video di bawah ini.  




Selain robot catur tipu-tipu, von Kempelen juga menemukan Speaking Machine. Lagi-lagi bukan benar-benar mesin yang bisa berbicara, tapi teknik yang digunakan benar-benar cerdas terutama pada zaman itu.

2. Charles Babbage (1792-1871) seorang polymath yang dikenal sebagai Bapak Komputer karena dialah yang pertama membuat mesin hitung dan mendesain Analytical Engine, yaitu mesin yang dapat diprogram dengan menggunakan punched card.
“A machine that should be able to play a game of purely intellectual skill successfully, such as tit-tat-to, drafts, chess, etc.”

3. Leonardo Torres y Quevado (1852-1936) adalah seorang matematikawan yang merancang gondola (cable car) pertama kali termasuk gondola yang di air terjun niagara, sekaligus orang pertama yang pertama membuat mesin catur. Mesin catur ini hanya dapat menjalankan bidak catur Raja dan Benteng melawan Raja, Silakan melihat mesin catur otomatis pertama di video ini.


4.  Plankalkül ("Plan Calculus") adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi pertama yang dibuat oleh Konrad Zuse (1910-1995) dengan contoh programnya adalah permainan catur komputer. Itulah mesin catur pertama yang terkomputerisasi.

5. Claude Shannon, sang bapak Information Theory, telah mempresentasikan papernya yang terkenal berjudul "Programming a Computer for Playing Chess" pada 9 Maret 1945.



sumber:
1. Modul kuliah Game Informatics oleh Prof. Hiroyuki Iida
2. https://en.wikipedia.org/wiki/Wolfgang_von_Kempelen
3. https://en.wikipedia.org/wiki/Charles_Babbage
4. https://en.wikipedia.org/wiki/Leonardo_Torres_y_Quevedo#Chess_automaton

No comments:

Post a Comment