Thursday, June 23, 2016

Trio Propagasi Gelombang



Dalam komunikasi nirkabel (wireless communication), gelombang radio mengalami propagasi, atau persebaran, dari transmitter ke receiver biasanya disebabkan oleh tiga fenomena fisik yaitu :

  1. Pantulan (Reflection
  2. Difraksi (Diffraction)
  3. Pembelokan (Scattering)
Reflection--adalah fenomena fisik yang terjadi ketika gelombang elektromagnetik menabrak obyek yang luas dimensinya seperti gedung atau permukaan bumi. 

Diffraction--terjadi ketika gelombang terhalang oleh obyek yang tajam tak beraturan yang masih memiliki celah-celah sehingga menghasilkan gelombang sekunder di balik obyek penghalang tersebut. 

Scattering--adalah fenomena fisik ketika ketika gelombang dipaksa dibelokkan karena menabrak penghalang-penghalang kecil seperti dahan pepohonan, rambu-rambu lalutintas, dll. Hal ini menyebabkan sinyal yang sampai ke receiver  berasal dari beberapa jalur sehingga biasa juga disebut multipath propagation.





Semoga bermanfaat ^_^


--
Sumber :
Y. S. Cho, J. Kim, W. Y. Yang, C-G. Kang, "MIMO-OFDM Wireless Communications with MATLAB", p.1, Wiley, 2010.

Sumber gambar :
http://blog.taitradio.com/2015/09/23/9-channel-concepts-every-system-designer-needs-to-understand/
http://www.intechopen.com/books/matlab-a-fundamental-tool-for-scientific-computing-and-engineering-applications-volume-2/mobile-radio-propagation-prediction-for-two-different-districts-in-mosul-city

  

No comments:

Post a Comment