Wednesday, March 18, 2015

Tips Mengisi Form Permohonan Visa Jepang

Untuk mengajukan permohonan visa, diperlukan beberapa syarat dan ada formulir yang perlu diisi. Untuk detail syarat membuat visa bisa langsung ke sini. Berikut ini aku mau share tips-tips dalam mengisi isian-isian formulir mengajukan visa pelajar. Karena jujur saja, kemarin sempet bingung banget gimana ngisinya. Sumber tips ini didapat dari sini. Sebelumnya download dulu formulirnya di sini.
Oke.
Sudah di-downloadBagi yang males baca, ini aku share ringkasnya ya tips-tips mengisi isian formulir pembuatan visa Jepang :
1.    Untuk isian yang jawabannya No atau memang tidak ada, jangan dibiarkan kosong, tapi isi aja dengan NONE atau N/A (Not Available)
2.    Bagi yang punya nama bukan cuma romanji atau latin saja, missal arab, cina, korea atau jepang, silakan ditulis juga namanya (tersedia kolomnya)
3.    Untuk penulisan alamat, tulis selengkap-lengkapnya sampai kodepos

4.    Pada kolom “Current profession or occupation and position” bagi pelajar, tulis saja grade level missal S1 ya tulis aja undergraduate gitu 
5. Jangan lupa ukuran fotonya 4,5 cm x 4,5 cm
6. Untuk jenis-jenis paspor, kalau kita mengurus sendiri paspornya biasanya itu paspor biasa atau paspor ordinary
7. Untuk kolom "Your Current Residental" diisi aja alamat rumah di Indonesia sekarang 
8. Untuk kolom "Guarantor or Reference in Japan" , kalau pelajar biasanya penjaminnya adalah profesor yang menjadi supervisornya. Kalau saya dulu saya email professor untuk berkenan menjadi penjamin saya dan meminta informasi data-data yang dibutuhkan

Mungkin itu dulu ya Tipsnya. Oiya, ini juga ada cerita Petualangan Membuat Visa Pelajar Jepang. Semoga bermanfaat ^_^




1 comment: