Friday, March 6, 2015

Status Pengiriman EMS

sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Express_mail
Ada yang belum tahu EMS? EMS (Express Mail Service) adalah layanan pengiriman dokumen atau paket internasional yang bekerjasama dengan layanan pos resmi suatu Negara yang menjadi member Universal Postal Union (UPU). Daftar Negara-negara yang menjadi anggota EMS Cooperative dapat dilihat di sini. Ada beberapa pilihan layanan pengiriman internasional tapi yang biasa kugunakan adalah DHL selain karena sudah langganan (ex)kantor, pelayanannya memuaskan (maaf bukan promo nih) dan relatif cepat pengirimannya. Kalau cuman document, normalnya 3 hari kerja udah sampai, sedangkan EMS paling cepet 5 hari kerja. Maju mundurnya tergantung daerah yang dituju. Semakin ndeso tujuannya, semakin memakan waktu.
Pelayanan yang baik sebanding dong dengan harganya (sudah tahu kan maksudnya? Hohooo).
Maka dari itu untuk paket-paket pribadi aku ke EMS. Palingan selisih 1 – 2 hari, tapi harganya bisa separuh lebih murah *save pocket.  Entah pengaruh hari atau bagaimana, yang jelas akhir bulan Desember 2014 lalu kirim dokumen yang cuma selembar ke Jepang pake DHL habis empatratusribuan, sebulan kemudian kirim  dokumen yang hampir sama dengan tujuan yang sama pake EMS cuman habis seratusribuanHemat bukan ;-) Dan yang lebih membahagiakan, saya kirim hari Kamis pagi, Selasa sudah sampai!!! Alhamdulillah....
Meskipun harganya miring, sebenarnya pelayanan EMS juga tidak kalah oke. Untuk tracking atau melacak status pengiriman, bisa dilihat di website pos pemerintah baik dari Negara pengirim maupun negara tujuan. Misalnya ni aku dapat kiriman dari jepang, aku bisa buka melacak dari http://www.post.japanpost.jp/int/ems/delivery/index_en.html . Kalau kita lihat status pengiriman berhenti di satu status selama beberapa hari, jangan panik dulu, mari kita cek ke ems web negara tujuan barangkali di web ems negara tujuan lebih update. Karena tadi kita ambil contoh kiriman dari Jepang ke Indonesia, maka untuk pelacakan lokalnya kita bisa buka http://ems.posindonesia.co.id/ dan masukkan nomor resi yang sama.

 Keterangan status :

§  Posting/Collection – Barang sudah berada dalam sistem pengiriman EMS dan menunggu keberangkatan.
§  Arrival at outward OE – Paket anda sudah berada dalam kantor bea cukai. Seharusnya dalam 2-8 hari proses ini akan selesai, jika ada masalah akan dikembalikan ke pengirimnya. Oiya share nih, sebelum mengirim, pastikan nomor telepon yang dituju sudah ditulis di paket yang akan dikirim karena kalau tidak, bisa-bisa paket anda dikembalikan.
§  OE (Office of Exchange) – Ini bisa berarti kantor pertukaran barang internasional atau bea cukai di Negara pengirim.
§  Departure from outward OE – Barang anda sudah diberangkatkan dan dalam perjalanan pengiriman ke Indonesia.
§  Arrival at inward OE – Selamat! Barang anda sudah tiba di Indonesia dan sedang diurus bea cukai.
§  Airport Handling – Pihak bandara udara sedang membongkar kargo dan mensortir paket anda.
§  Processing document by Customs – Bea cukai akan mengecek dokumen barang yang dikirim dalam paket anda.
§  Held by Customs *) Tax : Rp. 0,00 – Bisa muncul status yang mirip seperti ini, ini menunjukkan bahwa barang anda sedang ditahan atau diproses bea cukai dan ada pajak tambahan.
§  Arrival at Delivery/Transit Office – Paket diteruskan ke Pos Indonesia daerah/wilayah untuk dikirimkan. Ingat, semakin ndeso sangat memungkinkan semakin banyak transit, sehingga akibatnya, semakin lama pula paketnya sampai.
§  EMH[] : Pengerjaan pengiriman EMS di bagian antaran di UPT. Nah kalau sudah sampai sini, bagi yang tidak sabaran macam saya, bisa diambil langsung di Kantor Pos sesuai kolom Office. Jangan lupa untuk bawa KTP saat mengambil sendiri ke kantor POS.
§  Final Delivery – Paket anda dalam proses pengiriman ke alamat tujuan dan atau sudah diterima dengan selamat.

Semua proses di atas tidak selalu muncul pada pelacakan karena memang tidak semua proses dilewati. Tapi jika daftar status di atas ada yang kurang  atau penjelasannya kurang pas, silakan dibntu dikoreksi ya.
Semoga informasi status pengiriman EMS ini bermanfaat ^^

Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_EMS_Cooperative_members
http://en.wikipedia.org/wiki/Express_mail
http://utekno.com/mengetahui-arti-status-ems-8250
http://irnanto.com/info/arti-kode-status-kiriman-express-mail-service-ems.html


No comments:

Post a Comment