Thursday, July 28, 2011

Mengatasi Windows XP yang Tidak mau Log On

Pagi-pagi buta ditelepon bapak di rumah katanya komputernya error. Cuma keluar wallpaper aja. Ga ada tombol start (maksudnya taskbar). Walhasil demi bakti kepada orang tua akhirnya meluncurlah saya kembali ke kampung halaman yang sebenernya cuma berjarak 50an KM.

Ternyata kasusnya adalah komputer TIDAK MAU LOG-ON. Kalo mau log on ujung-ujungnya nanti log off lagi.
Setelah konsultasi dengan pak gugel ternyata masalahnya ada pada file userinit.exe yang terletak pada direktori C:\windows\system32.
File inilah yang digunakan untuk logon/masuk ke dalam lingkungan Windows. Banyak sekali penyebab hilangnya file userinit.exe, salah satunya karena modifikasi oleh virus.
Jika file userinit.exe sudah terinfeksi oleh virus, maka akibatnya windows tidak bisa logon dan secara otomatis langsung log off.
Hal yang sama terjadi juga di lingkungan Safe Mode. So, kita ga bisa memperbaiki file userinit.exe lewat Safe Mode. Lalu bagaimana cara memperbaikinya? Berikut langkah-langkahnya :


  1. Pertama-tama siapin cd master WinXP, trus booting pake cd itu
  2. Ketika muncul beberapa pilihan, tekan tombol R pada keyboard untuk repair. Kemudian kita otomatis masuk ke Recovery Console dan akan diminta memasukkan password Administrator. Kalau merasa ga punya password administrator langsung aja tekan ENTER
  3. Akan keluar prompt C:\windows> 
  4. Masuk ke direktori system32, pake perintah cd system32 maka akan muncul C:\windows\system32>
  5. Cari letak drive cdrom, cara ketikkan perintah map pada prompt. Maka akan terlihat dimana letak cdrom, apakah drive D:\, E:\, F:\, H:\, atau G:\
  6. Masuk ke drive cd rom, kita assumsikan letak cdromnya di G:
  7. di G:\ masuk ke folder i386 dengan cd i386, maka akan muncul G:\i386>
  8. Jalankan perintah “expand” untuk meng-copy file userinit.ex_ ke direktori windows. Misal : G:\i386>expand userinit.ex_ C:\windows\system32                                                                     1 file(s) expanded ———–> berarti proses expand berhasil.
  9. restart windows

Nah, InsyaAlloh skarang sudah bisa logon.
Selamat mencoba….
Semoga bermanfaat ^_^

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...